7194919IKAN DISCUS

            Ikan Discus yang nama latinnya Simpisodon discus dan berasal dari sungai Rio negroo, Amazon ini memang belum banyak dikenal, bentuk badannya pipih tipis dengan corak warna tubuh menarik dan gerak yang lembut serta tenang memang pantas dijadikan peliharaan sebagai ikan hias di rumah. Karena keindahan dan keanggunannya inilah, ikan discus bahkan konon dianggap sebagai rajanya ikan tawar oleh para pemelihara dan penggemarnya. Tambahan lagi ikan discus bisa dipelihara bersama-sama dengan ikan hias yang lain dalam sebuah aquarium. Mata ikan diskus berwarna merah dan garis tengah tubuhnya paling besar 15 Cm. Ikan diskus dikenal tidak suka mengganggu cenderung menyendiri atau mengelompok dengan ikan sejenisnya.

Makan ikan discus tidak banyak berbeda dengan makanan ikan hias jenis lainnya. Ikan discus bisa diberi pakan berupa cacing sutra, cacing darah ataupun pelet. Untuk larva meskipun sudah mendapatkan makanan dari lendir pada tubuh induknya bisa juga diberikan pakan tambahan berupa kutu air.

Budidaya Ikan Discus

Hal yan paling penting dalam budidaya adalah memilih indukan yang baik. Pemilihan bibit indukan yang baik dengan syarat-syarat ; tidak cacat, aktif, sehat, berumur lebih dari 1 tahun dan ukuran badannya proporsional atau dengan memeliharanya sejak kecil. Setelah berumur 15-20 bulan, diskus ini akan memilih pasangannya sendiri. Pasangan diskus inilah yang kita ambil dan dipindahkan untuk dipijahkan.

Persiapan tempat:

  1. Siapkan akuarium ukuran 75  X 35 X 35 Cm.
  2. Suhu air dalam akuarium antara 28 -30 derajat Celcius.
  3. PH air berkisar 5-6.
  4. Air dapat diambil dari sumur atau dari PDAM yang telah diendapkan selama 24 jam.
  5. Tambahkan filter dan aerator.
  6. Sediakan paralon atau pot

Cara pemijahan:

  1. Masukkan induk diskus yang berpasangan ke dalam akuarium.
  2. Pasang paralon atau pot di dalam akuarium untuk menempelkan telor. Satu indukan ikan discus biasanya bisa menghasilkan telur sekitar 100 buah dalam sekali proses pemijahan.
  3. Telor yang baik akan menetas setelah 60 jam.
  4. Setelah telor menetas, bersihkan larvanya lalu pindahkan ke tempat yang aman dan bersih beserta induknya.
  5. Setelah 3-4 hari larva diskus ini sudah dapat berenang dan mulai menggelayuti induknya sambil menghisap lendir yang ada di sekujur tubuh induknya sebagai makanan utama.
  6. Diskus setelah berumur satu minggu baru bisa diberi makan berupa kutu air atau larva artemia.

Cara Pembesaran:

  1. Pindahkan anakan diskus berusia satu bulan dari induknya ke akuarium berukuran 120 X 50 X 50 Cm. Setelah besar pindahkan diskus ke akuarium yang lebih luas lagi.
  2. Agar terlihat bagus, diskus sebaiknya ditempatkan di akuarium standar (induk 50 X 50 X 40 Cm dan anakan diskus 50 X100 X 35 Cm)
  3. Agar ikan diskus tetap hidup dengan baik, sediakan pakan alami seperti dapmia, cacing sutera, cacing super,  jentik nyamuk, udang, dan sejenisnya. Diskus juga suka mengkonsumsi pakan buatan campuran dari  jantung, hati, daging, udang, ikan, dan sayuran.

Jenis-Jenis Ikan Discus

Ikan ini disebut sebagai rajanya ikan hias air tawar. Ikan ini juga sebenarnya adalah ikan pendamai dan dapat di campur dengan beberapa ikan dari jenis yang lain. Aquariumya akan terlihat bagus dengan subttrat pasir dan tanaman-tanaman air dan kita harus menjaga air di dalam aquarium supaya tetap bersih dan jernih,ikan ini cocok pada suhu berkisar 26-30derajat celcius. Ikan ini juga termasuk ikan yang keluar pada malam hari sama seperti Black ghost.

Jenis-jenisnya yaitu:

1. Snake Skin

SNAKE SKINIkan ini masuk dalam kelompok Stripped form, fine line karena corak garisnya yang tipis.

2. Red Turquois (Red Royal Blue)

RED ROYAL BLUEIkan ini memiliki coraknya klasik sehingga sering digunakan sebagai indukan untuk kawin silang, termasuk jenis Turquoise yang terbaik terbaik.

3. Red Melon

Red MelonIkan ini memiliki warna merah seperti  semangka (Water melon), dan jenis ini cukup disukai dipasar lokal dan pasar ekspor seperti Jepang dan Eropa

4. Pigeon dan Marlboro

Pigeon dan Marlboro5. Golden Marlboro

GOLDEN MARLBOROIkan ini sering digunakan sebagai induk dalam kawin silang untuk mendapatkan jenis Golden yang lebih baik, yaitu Golden dengan corak yang semakin sedikit

6. Super Ogon

Super orgon7. Golden Crystal

golden crystal8. Pigeon Blood

Pigeon Blood9. Blue Diamond

BLUE DIAMONDIkan ini merupakan salah satu jenis diskus yang dianggap abadi karena selalu disukai konsumen di Asia, Eropa dan Amerika. Daya tariknya terdapat warna birunya yang indah dan cemerlang.

10. Ocean Green

Ocean Green11. Blue Scorpion

Blue Scorpion

Sumber:

http://risnotes.com/2012/01/budidaya-ikan-diskus/

http://jzhipo.wordpress.com/2012/04/09/pemeliharaan-ikan-discus/

http://www.artikelwirausaha.com/category/database/ikan-discus/